Pengertian dan Fungsi Modem ADSL

Assalamualaikum Wr. Wb.

dibawah ini artikel yg berisi "Pengertian modem ADSL dan fungsi modem ADSL"

1. ADSL 
merupakan kepanjangan dari (Assymmetric Digital Subscriber line )yang bisa didefinisikan sebagai suatu dari bentuk teknologi yang digunakan pada sebuah komunikasi, baik itu berupa data ataupun yang lainnya dengan cara mentransmisikan data tersebut dengan kecepatan yang sangat tinggi melalui sebuah kabel tembaga telepon. Moden dengan jenis ADSL juga memiliki sifat yang Asimetrik yakni data yang ditransferkan sudah menggunakan kecepatan yang berbeda pada satu sisi ke sisi yang lainnya.

Selain itu modem ADSL juga merupakan sebuah alat yang difungsikan untuk sebuah perangkat komputer agar bisa terkoneksi dengan sebuah jaringan internet. Sebuah teknologi paket yang tertanam pada modem ADSL ini bisa dipastikan dapat menggunakan suatu bandwith yang cukup optimal karena pada dasar model ADSL ini bisa dipergunakan lebih dari satu sambungan.




Sebuah teknologi ADSL juga dapat mengirimkan sebuah data dengan rata - rata kecepatan 1,8 s/d 10 Mbps untuk suatu arah dari sentral menuju pelanggan yang biasa dikenal dengan istilah Downstream , serta kcepatan dengan rata - rata 16 Kbps sampai dengan 680 Kbps untuk arah sebaliknya dan istilah ini sering disebut dengan Upstream.

Didalam system kerjanya ADSL telah menentukan dua saluran yang terpisah untuk sebuah layanan komunikasi data dan suara , tetapi masih tetap dalam suatu ikatan kabel yang sama. Sementara jika kita bandingkan dengan teknik DSL yang lainnya memang masih menggunakan dua buah kabel yang pasti terpisah agar bisa memberikan suatu layanan yang berbeda antara data dengan komunikasi.
Sementara itu jika kita melihat sinyal telepon yang sudah digabungkan dengan sinyal ADSL didalam satu kabel yang sejenis akan tetap diberikan suatu daya oleh suatu perusahaan telepon tersebut, jadi pada saat jalur modem dan perangkat komputer dalam keadaan mati, akses telepon masih bisa dipergunakan dengan baik.

2. FUNGSI MODEM ADSL
Fungsi dari modem ADSL adalah suatu bentuk teknologi yang digunakan dalam komunikasi data untuk bisa melakukan transfer sebuah data atau dokumen dengan kecepatan yang sangat cepat dan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam berinternet yang mana secara fisiknya menggunakan line telepon


Wasalamualaikum Wr. Wb. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal UAS semester 2 TKJ 12 Administrasi Infrastruktur Jaringan beserta jawabannya

Profil SMK PARAMARTA 2 Seputih Banyak LAMPUNG TENGAH

Soal Pilihan Ganda Teknologi Layan Jaringan