Macam-macam Gangguan serangan jaringan

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Artikel di bawah berisi  "Macam-macam Gangguan/serangan jaringan" baca selengkap nya

> Macam-macam Gangguan/serangan dalam jaringan

1. Spoofing
          Spoofing adalah Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker.

2. Ddos (Distributed Denial of Service)
           Serangan DOS (Denial-Of-Service attacks) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

3. Sniffer(pemotongan data)
            Sniffer Paket atau penganalisa paket (arti tekstual: pengendus paket — dapat pula diartikan 'penyadap paket') yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC(Request for Comments) atau spesifikasi yang lain.

  • Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut:


  1. Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer.
  2. Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Intusion).
  3. Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi isi tertentu.
  4. Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikanya (misalkan password).
  5. Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.


4. DNS Poisoning
           DNS Poisoning merupakan sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya.

5. Trojan Horse
          Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan.
Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

6. SQL Injection
          SQL injection adalah jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan Common dalam serangan XSS.

7. PHP Injection
            Script php merupakan salah satu script yang sampai saat ini banyak digunakan oleh seorang webmaster, disamping rival nya Java. Script php ini begitu 'Powerfull', mengapa dikatakan demikian karena dalam script php ini kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari membuat file, membuat counter, membuat date, membuat bukutamu, membuat forum (salah satunya PhpBB), mengakses database secara langsung maupun juga membuat gambar dan animasi.Kesemuanya itu sudah terdapat dalam fungsi dari script php ini.

8. Script Kiddies
              Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunakan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi. Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam pun bisa menjadi Seorang Script Kiddie karena hanya sedikit mempelajari tool-tools yang di sebar di internet dan mempelajarinya maka dia bisa menjadi Seorang Script Kiddie.

Artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca,jangan lupa share ya min

Wasalamualaikum Wr. wb. 

baca juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal UAS semester 2 TKJ 12 Administrasi Infrastruktur Jaringan beserta jawabannya

Profil SMK PARAMARTA 2 Seputih Banyak LAMPUNG TENGAH

Soal Pilihan Ganda Teknologi Layan Jaringan